Rabu, 19 Mei 2010

TEPEASA MOROSO SEBAGAI SALAH SATU KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN MOROWALI

Tepeasa moroso merupakan salah satu semboyan atau kearifan lokal yang sering digunakan oleh masyarakat di Kabupaten Morowali. Semboyan ini sering disebut-sebut sebagai semboyan yang memiliki makna pemersatu untuk masyarakat Morowali. Tepeasa Moroso yang berasal dari bahasa bungku yang terdiri dari dua suku kata yaitu tepeasa dan moroso, tepeasa yang artinya bersatu dan moroso yang artinya erat atau kuat. Jadi,secara terminologi atau bahasa, tepeasa moroso adalah bersatu dengan erat atau bersatu untuk kuat.
Masyarakat morowali pada umunya terdiri dari dua suku yaitu suku mori dan suku bungku. Awal mula muncul semboyan tepeasa moroso adalah sebagai semboyan untuk mempersatukan kedua suku tersebut yang notabenenya adalah suku yang sama-sama satu ras.jadi,semboyan tepeasa moroso bukan hanya sekedar bahasa yang dikeluarkan begitu saja tetapi mempunyai nilai sosial didalamnya. Akan tetapi ketika semboyan ini ditinjau lebih lanjut,pemaknaanya tidak sampai disitu saja tetapi semboyan tepeasa moroso bisa juga diartikan sebagai salah satu bentuk ekspresi dari masyarakat morowali yang menginginkan hidup bermasyarakat yang harmonis.
Kearifan lokal tersebut tidak hanya dipakai didalam masyarakat tetapi juga dijumpai didalam pemerintahan di kabupaten morowali. kata tepeasa moroso didalam kepemerintahan di kabupaten morowali memiliki makna yang sangat besar karena semboyan tersebut merupakan simbol dimana pemerintahan di kabupaten morowali harus bersatu dan kuat,saling mendukung sehingga kabupaten morowali bisa melaksanakan visi dan misinya untuk membangun kabupaten morowali kedepannya menjadi kabupaten yang membanggakan dalam segi agama,politik,sosial,ekonomi, budaya dan sebagainya,

2 komentar:

  1. Kembangkan menjadi sebuah tulisan (bisa dalam bentuk makalah atau artikel) minimal 7 halaman (termasuk pendahuluan dan kesimpulan)

    Psoting paling lambat tgl 1 Juni 2010




    Salam Blogger

    BalasHapus